Articles

Tips Menjaga Kesehatan dan Kecantikan Kulit Wajah

Selasa, 18 April 2017 - 12.37 WIB


Kulit  adalah bagian terluar dari tubuh manusia. Kulit mempunyai berbagai fungsi, salah satunya adalah sebagai pelindung (proteksi). Karena kulit memiliki kegunaan yang sangat penting bagi hidup manusia, sudah selayaknya kita menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah.

Perlu Anda ketahui, kulit memiliki beberapa lapisan yang mempunyai fungsi berbeda-beda.

  • Keratin adalah lapisan terluar kulit yang keras dan berfungsi melindungi kulit dari gesekan, panas, dan zat kimia.
  • Lipid atau lapisan lemak berfungsi untuk mencegah evaporasi air dari permukaan kulit dan menjaga tekstur serta elastisitas kulit.
  • Sebum atau minyak yang dihasilkan kelenjar sebasea mencegah kulit dan rambut dari kekeringan serta kadar pH 5–6,5 yang dimilikinya mampu menghambat pertumbuhan mikroba.
  • Pigmen melanin dihasilkan oleh sel melanosit untuk memberi warna pada lapisan kulit dan melindungi kulit dari sinar UV matahari yang berbahaya. Diperlukan proteksi serius untuk kulit, salah satunya dengan menggunakan Krim Tirai Sinar Matahari EKSOTIKA agar kesehatan dan kelembaban kulit tetap terjaga sepanjang hari.

Oleh karena kulit mempunyai banyak fungsi, berikut adalah beberapa tips menjaga kesehatan dan kecantikan kulit, terutama kulit wajah.

Kulit yang sehat adalah kulit yang bersih dari noda, jerawat, terlepas dari apa pun warna kulit Anda. Perawatan kulit yang tepat akan membuat kulit tampak cerah, kenyal, bersinar, dan bebas dari jerawat. Perawatan kulit dapat dilakukan dari dalam tubuh dan dibantu dengan treatment khusus dari luar. Berikut di antaranya.

1. Banyak Minum Air Putih

Tubuh kita mempunyai susunan air lebih banyak dibandingkan zat solid. Apabila tubuh mengalami kekurangan cairan, tubuh akan mengalami gangguan elektrolit, dehidrasi, dan kulit pun akan terasa kering karena kehilangan kelembapannya. Untuk itu diperlukan konsumsi air putih minimal 8 gelas per hari (2 liter) untuk memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh supaya kulit tetap lembap dan terjaga kesehatannya.

2. Tidur Minimal 7 Jam Per Hari

Insomnia, bergadang karena tuntutan pekerjaan yang harus diselesaikan membuat kita sering mengabaikan waktu tidur. Padahal tidur yang cukup dan berkualitas sangat membantu kulit tampak sehat, segar, dan cerah. Usahakan untuk dapat beristirahat paling tidak 7 jam per hari supaya kulit tidak mudah kusam, muncul kantung mata (eyebag), lingkar mata panda (dark eye circle), dan keriput.

3. Lindungi Kulit dari Sinar Matahari

Sinar matahari pagi baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan kepadatan tulang. Namun perlu diperhatikan, ketika beraktivitas di bawah sinar matahari, kulit membutuhkan perlakuan khusus, yaitu perlindungan kulit dengan sunblock/tabir surya. Semakin tinggi matahari, semakin besar intensitas sinar UV membakar kulit sehingga menyebabkan kulit tampak kusam dan muncul flek atau bintik hitam. Gunakan minimal SPF-30 untuk memberikan perlindungan terhadap kulit wajah dari sinar ultraviolet.

4. Rajin Membersihkan Wajah

Kulit yang kusam dapat disebabkan oleh tumpukan kotoran di pori kulit. Untuk itu bersihkan wajah dengan menggunakan sabun dan pembersih yang sesuai dengan jenis kulit wajah secara teratur paling tidak dua kali sehari. Sebelum menggunakan krim perawatan atau kosmetik, bersihkan wajah terlebih dahulu supaya tidak mudah muncul komedo atau jerawat. Begitu pula di malam hari. Sebelum tidur sebaiknya bersihkan wajah terlebih dahulu supaya kulit tampak segar dan sehat di keesokan hari.

5. Jangan Menyentuh atau Memencet Jerawat

Jerawat merupakan musuh utama di wajah, terutama bagi kaum hawa. Terkadang jerawat membuat tingkat kepercayaan diri berkurang sehingga kita akan berusaha menghilangkan jerawat dengan cara apa pun. Memencet jerawat akan membuat jerawat lebih meradang dan meninggalkan bekas yang lama sembuhnya karena bakteri dan kuman yang banyak menempel di tangan. Apabila memang ingin mengeluarkan isi jerawat, sebaiknya dilakukan menggunakan teknik yang benar dan alat yang steril.

Selain tersebut di atas, berikut beberapa langkah perawatan kulit wajah yang dapat dilakukan di pagi hari untuk mencegah jerawat, komedo, sekaligus menjaga kulit supaya tetap segar, kenyal, dan awet muda.

  1. Bersihkan wajah dengan menggunakan sabun pembersih wajah, lalu dilanjutkan dengan pemakaian toner/cleansing untuk membersihkan kotoran di wajah yang sesuai dengan jenis kulit wajah Anda.
  2. Gunakan Krim Pagi/moisturizer yang berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit wajah serta mencegah munculnya jerawat dan komedo.
  3. Pakai tabir surya/sunblock setelahnya, baik jika beraktivitas di luar maupun di dalam ruangan. Sunblock dapat digunakan selama sinar matahari masih ada atau antara pukul 08.00 hingga 17.00.

Setelah beraktivitas seharian, kulit wajah membutuhkan perawatan kulit khusus di malam hari supaya selalu tampak segar dan sehat. Berikut tahapannya.

  1. Bersihkan wajah dengan menggunakan sabun dan toner/cleansing wajah untuk mengangkat kotoran dan sisa kosmetik yang masih menempel.       
  2. Oleskan Lotion Malam secara tipis dan merata untuk menyamarkan flek hitam dan noda bekas jerawat.
  3. Gunakan Krim Malam I yang berfungsi untuk mencegah munculnya komedo dan jerawat, sekaligus menjaga keremajaan kulit wajah.
  4. Setelahnya, gunakan Krim Malam II untuk melembapkan dan mencerahkan kulit wajah.

Demikianlah beberapa tips untuk merawat kesehatan kulit wajah sehari-hari. Semua tips perawatan kulit wajah di atas merupakan solusi yang dapat dilakukan secara rutin dengan mudah setiap hari, bahkan bagi yang sibuk, namun hasil akan terlihat dengan pasti. Jika permasalahan di wajah kamu sulit teratasi, itu artinya kamu perlu datang ke klinik kecantikan atau kamu dapat mencoba konsultasi dokter kecantikan online. Selamat mencoba!



DID YOU LIKE THIS? SHARE IT!


LEAVE COMMENT