News & Articles Kenali Penyebab Ketombe dan Cara Mengatasinya
image
Kamis, 12 Maret 2020 - 11.54 WIB
Kenali Penyebab Ketombe dan Cara Mengatasinya

Pengertian Ketombe:

Sebelum kita membahas penyebab dan cara mengatasi ketombe, ada baiknya kita mengetahui dahulu pengertian ketombe. Ketombe adalah suatu kondisi kulit kepala mati sehingga menjadi berkelupas yang berbentuk serpihan-serpihan kulit kepala berwarna putih agak keabu-abuan.

 

Penyebab dan Cara Mengatasi Ketombe:

Ketombe adalah salah satu permasalahan kulit kepala yang sebenarnya belum diketahui secara pasti apa pemicunya. Beberapa ahli juga mempercayai bahwa penyebab ketombe dapat dikaitkan dengan peningkatan produksi minyak dan sekresi ataupun bisa juga karena bertambahnya jumlah yeast (jamur) pada kulit kepala.

Ketombe bukanlah kondisi kesehatan yang menular. Beberapa hal yang mungkin menjadi pemicu kemunculannya adalah kebersihan dan sistem imun pada tubuh.

 

Berikut adalah beberapa pemicu yang dapat menimbulkan ketombe dan Cara Mengatasi Ketombe, yaitu:

1. Jamur Kulit

Ada beberapa jenis jamur kulit yang hidup di kulit kepala orang dewasa maupun anak-anak. Seperti contohnya dalam beberapa kasus, salah satu jenis jamur seperti malassezia mengiritasi kulit kepala dan dapat menyebabkan lebih banyak sel kulit tumbuh. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa jamur kulit bisa menjadi penyebab ketombe.

Selain itu, ketombe yang disebabkan oleh jamur kuli ini akan semakin parah apabila jamur kulit tersebut terkena suhu dingin yang berlebih ataupun terpapar panas yang berlebih.

Cara Mengatasinya: Jika KEDAfren kulit kepalanya menjadi berketombe akibat jamur kulit, KEDA sarankan untuk KEDAfren menghilangkan jamur tersebut sampai sebersih mungkin. KEDA juga menyarankan agar kamu menggunakan Krim Jamur dari Estetika dr. Affandi. Krim jamur ini mengandung bahan aktif yang efektif mengatasi infeksi jamur di kulit. Cara penggunaanya juga cukup mudah kok hanya dengan mengaplikasikan dua kali sehari di bagian kulit yang terinfeksi jamur.

 

2. Kulit Kepala Kotor

Bila KEDAfren tidak mencuci rambutmu secara teratur kulit kepalamu akan menjadi mudah kotor. Hal tersebut dapat menyebabkan kulit kepala menjadi kotor dan kemungkinan besar akan terjadi penumpukan minyak dan sel kulit mati dan menghasilkan serpihan-serpihan ketombe.

Cara Mengatasinya: Supaya tidak terjadi ketombe akibat kulit kepala yang kotor, KEDA sarankan untuk KEDAfren selalu mencuci kulit kepalamu dengan sampoo. Usahakanlah memilih sampo anti ketombe yang tepat dan sudah teruji keunggulannya.

 

3. Produk Perawatan Rambut

KEDAfren harus berhati-hati dalam memilih produk perawatan kulit rambut. Ada kalanya produk perawatan rambut dan kulit tertentu dapat memicu sensitivitas kulit atau bahkan menjadi iritasi. Biasanya gejala yang dapat ditimbulkan adalah kulit memerah, rasa gatal yang berlebihan, dan bersisik.

Cara Mengatasinya: Pilih dan gunakanlah produk perawatan rambut yang sesuai dengan jenis kulit rambut KEDAfren, dan jika KEDAfren sudah terlanjur mengalami ketombe, ada baiknya KEDAfren menggunakan Lotion Untuk Ketombe dari Estetika dr. Affandi. Lotion Untuk Ketombe ini, mengandung bahan aktif yang efektif untuk mengatasi kondisi ketombe dan rasa gatal yang berat di kulit kepala (Seborrhoeic Dermatitis).

* https://klinikestetika.com/product/detail/lotion-untuk-ketombe

 

4. Pola makan

Kurangnya asupan makanan yang mengandung zat besi, vitamin B, dan lemak jenis tertentu dapat meningkatkan risiko KEDAfren berketombe.

Cara Mengatasinya: Usahakanlah makan makanan yang mengandung vitamin B6, A, C, E, omega 3 dan mineral seperti zinc, potassium, dan zat besi yang dianggap bisa membantu mengobati ketombe. Seperti pisang, apel, kiwi, pepaya, kedelai, ikan yang mengandung omega 3, sayur-sayuran yang berwarna hijau, merah ataupun ungu.

(*)Mohon bantuannya untuk diperlihatkan produknya pada saat live Skin Talk

 

 

Apakah Perlu Melakukan Konsultasi Ke Dokter?

Ketombe biasanya tidak akan menimbulkan masalah serius yang mengharuskan KEDAfren pergi ke dokter. Namun, jika KEDAfren mengalami hal-hal di bawah ini, KEDAfren mungkin perlu melakukan konsultasi ke dokter yang profesional terdekat:

•           Sampo tidak memberikan efek apapun setelah dipakai selama satu bulan

•           Serpihan kulit mati yang terlihat semakin banyak

•           Kulit kepala semakin terasa gatal

•           Kulit kepala memerah, bahkan membengkak

•           Anda memiliki sistem imun yang lemah

Setiap orang menunjukkan tanda-tanda dan gejala yang berbeda-beda. Oleh karena itu, sebaiknya KEDAfren segera menemui dokter jika sudah mengalami gejala-gejala di atas dan KEDAfren merasa kondisi ini mengganggu kegiatan sehari-hari

 

Review by: dr. Dias Azizah Putri

Did you like this? Share it!