News & Articles Cara Merawat Rambut Agar Tetap Sehat
image
Selasa, 19 Januari 2021 - 11.12 WIB
Cara Merawat Rambut Agar Tetap Sehat

Kalimat seorang pepatah yang pernah mengatakan, "Rambutmu adalah mahkotamu" memiliki makna bahwa kita perlu merawat rambut dalam kehidupan sehari-hari. Baik pria maupun wanita, rambut sehat sangat berharga untuk menunjang penampilan supaya terlihat lebih sempurna. Maka, tak heran apabila banyak orang yang mencari cara merawat rambut agar sehat dan berkilau sepanjang hari.

 

Namun demikian, cara merawat rambut sehat dengan benar masih belum banyak diterapkan. Tidak hanya keramas, kamu juga membutuhkan beberapa teknik perawatan tersendiri yang perlu dilakukan. Lantas bagaimana caranya? Simak pembahasan berikut ini ya KEDAfren:

 

1. Perawatan Kulit Kepala

Cara merawat rambut agar sehat dapat dimulai dengan melakukan berbagai perawatan pada kulit kepada. Pasalnya, kesehatan pori-pori rambut sangat dipengaruhi oleh pasokan darah dan kesehatan jaringan kulit di sekitarnya. Oleh karena itu, kesehatan kulit kepala merupakan kunci untuk mendapatkan rambut sehat.

 

Untuk menjaga kesehatan kulit kepala, kamu bisa melakukan keramas rutin setiap dua atau tiga hari sekali. Jangan lupa memijat kulit kepala selama 30 detik agar sirkulasi darah meningkat dan pori-pori rambut dapat memproduksi rambut baru yang lebih berkilau dan tebal. Kamu juga bisa mengoleskan vitamin E atau menggunakan topi untuk melindungi kulit kepala dari bahaya sinar ultraviolet matahari.

 

2. Perawatan Saat Keramas

Apabila ingin keramas, kamu disarankan untuk mengaplikasikan cara merawat rambut dengan shampo yang sesuai kondisi dan jenis rambut. Kamu perlu menghindari shampo dengan kandungan keras seperti sodium lauryl dan ammonium lauryl sulfate. Untuk mendapatkan hasil maksimal, kamu bisa menggunakan air hangat untuk membersihkan minyak alami pada rambut kamu.

 

Setelah melakukan keramas dengan shampo, kamu bisa menggunakan produk kondisioner supaya rambut menjadi halus, lembut, mudah ditata, dan juga berkilau. Kemudian, kamu disarankan untuk mendiamkan kondisioner tersebut selama tiga menit, lalu bilas dengan air bersih.

Baca juga: Mengenal Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya

 

3. Perawatan Setelah Keramas

Setelah melakukan perawatan dengan shampo dan kondisioner, disarankan untuk tidak mengeringkan atau menyisir rambut dengan handuk. Itu karena rambut yang masih basah lebih rentan mengalami kerusakan pada pori-porinya. Oleh karena itu, terapkan cara merawat rambut agar sehat dengan membiarkan kering sendiri adalah pilihan tepat. Ketika rambut sudah hampir mengering, kamu bisa menatanya sesuka hati.

 

4. Perawatan Sehari-Hari

Supaya rambut sehat kamu selalu bersih terjaga, disarankan untuk meminimalisir aksesoris rambut seperti memakai kepang, kuncir, bando, dan sejenisnya. Selain itu, kamu juga perlu mengurangi pemakaian produk rambut yang mengandung terlalu banyak bahan kimia. Kamu bisa memaksimalkan perawatannya dengan tidak terlalu lama menyisir rambut karena dapat menimbulkan rambut bercabang yang pastinya mengganggu kesehatan "mahkota" kamu.

Baca juga: Mengenal Intense Pulsed Light (IPL), Satu Treatment Untuk Enam Permasalahan Kulit dan Rambut

 

5. Perawatan dengan Makanan, Vitamin, dan Krim Rambut

Jangan salah, makanan yang kamu konsumsi sehari-hari nyatanya bisa mempengaruhi kondisi kesehatan rambut. Untuk selalu menjaganya, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan protein, asam lemak omega-3, dan juga zat besi pada telur, susu, kacang, seafood, bayam, salmon, keju, dan lain sebagainya. Kamu juga bisa memaksimalkan perawatan dengan mengonsumsi vitamin dan menggunakan krim rambut anjuran dokter.

 

Bagi kamu yang ingin mengatasi permasalahan rambut, jangan khawatir KEDAfren karena ada Estetika Hair Problem Solutions dari Estetika dr. Affandi. Dengan perawatan lengkap seperti treatment Autoroller, PRP, hingga produk krim, shampo, dan lotion rambut, "mahkota" kamu bisa terbebas dari berbagai masalah rambut. Selalu jaga rambut sehat kamu, ya!

 

 

Don't worry be beautiful

 

Did you like this? Share it!