News & Articles Untuk Pria: Ini Langkah Skincare Tepat Agar Kulit Sehat!
image
Selasa, 21 Februari 2023 - 16.58 WIB
Untuk Pria: Ini Langkah Skincare Tepat Agar Kulit Sehat!

Siapa bilang yang butuh skincare hanya Wanita? Pria juga butuh loh. Tapi kenapa pria juga butuh skincare ya padahal kulit pria dikenal dengan “kulit badaknya” alias tebal dan jarang muncul permasalahan. Mau tau jawabannya? Simak yuk!

Pertama, mari kita bahas struktur kulit antara wanita dan pria, apakah sama atau ada yang berbeda?

Ternyata struktur kulit antara wanita dan pria memiliki perbedaan loh, diantara:

1. Rambut wajah

Rambut wajah menjadi bagian yang paling terlihat perbedaannya antara Wanita dan Pria, seperti kumis dan jenggot yang lebih lebat dan tebal di kulit Pria dibandingkan Wanita.

2. Ketebalan

Rata-rata kulit pria lebih tebal 20-25% dari kulit wanita yang mana disebabkan oleh perbedaan kadar hormon. Karena kulit pria lebih tebal, ini yang sering disebut “kulit badak” merasa kulit lebih kuat dan tebal sehingga jarang memiliki masalah di kulit.

3. Kolagen

Kolagen pada kulit pria memiliki kepadatan yang lebih tinggi, sehingga kulit pria akan mengalami tanda-tanda penuaan yang lebih lambat dibandingkan wanita meskipun dalam keadaan usia yang sama.

4. Sebum

Faktanya, pria memiliki pori-pori kulit lebih besar sehingga memproduksi sebum yang lebih banyak dibandingkan wanita. Namun, pria jarang merasakan hal ini sehingga seringkali abai dalam merawat kulit, padahal masalah kulit yang disebabkan oleh sebum seperti masalah komedo dan jerawat akan bertahan lebih lama di kulit pria loh.

5. Tekstur

Pria memiliki lapisan stratum korneum yang lebih tebal dari Wanita. Nah faktor ini yang menyebabkan tekstur kulit pria menjadi lebih kasar dan kuat dibandingkan wanita. Eitss tidak hanya itu, perbedaan tekstur juga menyebabkan tumbuhnya keriput yang lebih dalam loh.

Setelah mengetahui perbedaan di atas, kamu masih belum mau merawat kulit?

Memang, kebanyakan pria masih belum aware dalam melakukan perawatan kulit, bisa jadi karena belum paham betul bagaimana caranya melakukan perawatan kulit yang baik dan benar. Boro-boro pakai skincare, sabun mandi saja bisa digunakan untuk sampoan bahkan untuk cuci muka. Nggak habis pikir, bener ngga para kaum pria?

Agar  kamu lebih paham tentang cara merawat kulit menggunakan skincare yang baik dan benar,  supaya muka kamu nggak dekil dan bisa jadi glow up, langsung simak tipsnya di bawah ini!

1. Kenali Pentingnya Merawat Kulit Bagi Pria

Setelah mengetahui perbedaan kulit pria dan wanita yang ternyata kulit pria lebih tebal dan memiliki sebum yang lebih aktif dibandingkan wanita, sehingga menyebabkan kulit pria lebih  rentan terjadi permasalahan seperti komedo, jerawat dan kusam. Untuk menghindari permasalahan tersebut, kamu wajib menggunakan skincare mulai dari sekarang sebelum kamu menyesal!

2. Melakukan 4 Langkah Dasar Skincare Pria

Setalah kamu mengetahui pentingnya menggunakan skincare, selanjutnya kamu wajib tahu langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk menggunakan skincare agar lebih efektif. Langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu membersihkan wajah dari kotoran debu dan polusi menggunakan sabun muka. Sabun muka ya, bukan sabun mandi apalagi sampo.

Kenapa tidak diperbolehkan menggunakan sabun mandi atau sampo? Karna tekstur antara kulit muka dan kulit anggota tubuh lainnya sangatlah berbeda, kulit wajah memiliki tekstur yang lebih sensitif sehingga penggunaan bahan-bahan penunjang produk sabun muka pun semestinya berbeda dengan sabun badan.

Langkah kedua, memakai cleansing toner sebagai kegiatan double cleansing. Pria yang memiliki lebih banyak aktivitas baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan, menyebabkan debu dan kotoran banyak menempel di wajah, maka disarankan untuk melakukan double cleansing agar wajah bersih sempurna.

Langkah ketiga, memakai moisturizer yang berfungsi untuk menjaga kelembaban wajah. Langkah terakhir yaitu memakai sunscreen untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang menghasilkan radiasi UV A&B.

Keempat langkah dasar di atas dalam menggunakan basic skincare sangat mudah untuk dilakukan, terlebih banyak produk perawatan pria yang menawarkan paket dasar tersebut, salah satunya Klinik Estetika dr.Affandi yang mengeluarkan varian skincare mulai dari sabun cuci muka, cleansing toner, dan sunscreen. Kamu bisa cek produk melalui Tik Tok Shop @klinikestetika

3. Kenali Jenis Kulit Sebelum Pakai Skincare

Tidak semua jenis kulit kaum pria itu sama. Penggunaan skincare pun diharapkan dapat membantu kondisi kulit menjadi sehat sesuai dengan harapan. Oleh karena itu diperlukan pengenalan terlebih dahulu terkait jenis kulit agar dapat memilih skincare yang tepat untuk kulit wajah. Contohnya untuk kulit normal disarankan menggunakan toner berbahan propylene glycol, untuk kulit berminyak gunakan cleansing toner yang berbahan potassium Azeloyl Diglycinate dan Citric Acid untuk memperkecil pori-pori, sedangkan untuk kulit kering gunakan cleansing toner yang berbahan Gliserin dan oil-based untuk lebih melembabkan kulit.

Apabila kamu sudah rutin menggunakan skincare tapi kulit masih terasa dekil, makin berminyak, atau makin kering, bisa jadi kamu salah dalam mengenali jenis kulit sendiri sehingga salah dalam membeli produk skincare. Yuk mulai sekarang harus lebih mengenali jenis kulit sendiri ya.

Apabila kamu sudah mengetahui jenis kulitnya apa, saatnya kamu mencari skincare yang sesuai seperti yang ada di klinik estetika dr. Affandi, terdapat 6 rangkaian skincare yang bisa kamu coba mulai dari cleansing toner yang tersedia 3 macam sesuai dengan jenis kulit seperti kulit normal, kulit kering, dan kulit berminyak. Sedangkan untuk skincare yang lainnya seperti sabun cuci muka, serum vitamin C, dan sunscreen, diformulasikan untuk semua jenis kulit dalam satu produk. Dari segi harga pun sangat terjangkau mulai dari 30 ribuan saja dan kamu bisa membelinya melalui Tik Tok Shop @klinikestetika

Agar tidak salah dalam menentukan jenis dan kebutuhan kulit kamu, alahkah baiknya kamu berkonsultasi langsung kepada ahlinya yaitu Dokter Kulit. Kini Klinik Estetika dr.Affandi menyediakan konsultasi online gratis loh, cobain yuk !

KONSULTASI GRATIS

 

Did you like this? Share it!