Articles

Sering Dianggap Sama, Ternyata Ini Perbedaan Stretch Marks dan Selulit

Senin, 27 Juli 2020 - 9.38 WIB


Seringkali kita menganggap stretch marks dan selulit sama, padahal keduanya adalah sesuatu yang berbeda. Meskipun tidak satupun yang menimbulkan bahaya, akan tetapi keberadaannya mengurangi nilai estetika hingga berdampak pada tingkat percaya diri seseorang. Berikut inilah penjelasan bedanya stretchmark dan selulit pada kulit.

 

Stretch Marks
Striae distensae atau yang lebih dikenal sebagai stretch marks, adalah garis-garis tipis yang tampak di permukaan kulit akibat adanya peregangan di lapisan dalam kulit (dermis) yang melebihi batas elastisitasnya. Keadaan ini wajar terjadi ketika remaja sedang mengalami lonjakan pertumbuhan saat pubertas, adanya kenaikan berat badan yang signifikan, atau seorang ibu yang sedang hamil. Terdapat 2 jenis stretch mark yang penampakannya tergantung dari waktunya. Pada tahap awal disebut striae rubra karena guratannya berwarna merah keunguan. Seiring bertambahnya waktu, guratan merah ini memudar menjadi berwarna putih yang menetap dan disebut striae alba. Lokasi timbul stretchmark umumnya di area lengan, payudara, perut, bokong dan paha.

 

Selulit
Sedangkan selulit tampak seperti kulit yang bergelombang, berlesung, atau terlihat seperti permukaan kulit jeruk. Kondisi ini disebabkan adanya tumpukan sel-sel lemak yang berada di bawah lapisan kulit, mendorong serat kolagen dan jaringan ikat yang lemah sehingga menciptakan tonjolan-tonjolan kecil yang tidak beraturan. Semua orang bisa saja mengalami selulit ‘lho, bukan hanya pada obesitas, yang bertubuh kurus pun juga. Berdasarkan sebuah riset, selulit dialami 85% wanita yang telah melewati masa pubertas. Selulit memang lebih sering dialami wanita dibandingkan pria, hal ini karena adanya perbedaan struktur anatomi jaringan lemak antara pria dan wanita. Tidak seperti stretchmark, selulit kerap hanya timbul pada bagian bawah tubuh seperti perut, paha, dan bokong. Pada kondisi ringan, selulit hanya dapat dilihat ketika kita mencubit area tersebut.

 

Bagaimana Cara Mengatasinya?
Bagi KEDAfren yang khawatir akan stretch marks atau pun selulit, Estetika dr. Affandi menyediakan rangkaian Estetika Solution untuk membantumu menyamarkan masalah tersebut. Anti Stretchmark Cream akan membantu merangsang pembentukan kolagen sehingga kulit menjadi kembali kencang dan guratan-guratan stretchmark tersamarkan. Sedangkan Anti Cellulite Cream, formulanya khusus untuk memperkuat kembali serat kolagen dan jaringan ikat yang lemah sehingga menyamarkan permukaan kulit yang bergelombang. Bila KEDAfren masih bingung bagaimana membedakan keduanya dan bagaimana cara yang tepat untuk mengatasinya, yuk konsultasikan langsung dengan dokter melalui Live Video Consultation yang bisa kamu akses dimana saja!



DID YOU LIKE THIS? SHARE IT!


LEAVE COMMENT