News & Articles Melasma Menganggu Penampilan? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya
image
Selasa, 25 Mei 2021 - 15.12 WIB
Melasma Menganggu Penampilan? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

KEDAfren memiliki bercak coklat pada wajah? ya, itu merupakan sebuah melasma. Secara medis, melasma adalah kondisi kulit yang terdapat bentuk pigmentasi berwarna cokelat muda, cokelat tua, atau keabu-abuan. Biasanya melasma muncul pada dahi, pipi, batang hidung, dan atas bibir. 

Lalu, apa penyebab dan cara mengobati melasma? simak di bawah ini ya KEDAfren:

Penyebab Melasma

Umumnya, melasma muncul pada KEDAfren yang memiliki kulit berwarna gelap. Pemicu utama dari munculnya melasma adalah paparan dari Sinar Ultraviolet pada kulit.

Melasma juga dapat muncul karena faktor hormon, khususnya pada ibu hamil. Selain itu, ada banyak faktor pemicu melasma seperti radiasi dari barang elektronik, riwayat keluarga, dan stres.

Keberadaan melasma memang mempengaruhi penampilan seseorang. Meski tidak berbahaya, KEDAfren perlu memeriksa ke dokter apabila bercak melasma menjadi kemerahan atau mengalami peradangan.

Cara Mengatasi Melasma

Sebelum melakukan mengatasi melasma, KEDAfren perlu berkonsultasi dahulu dengan dokter, karena dokter akan melihat kondisi dan mempertimbangkan pengobatan yang akan diberikan.

Jika melasma diatasi dengan obat-obatan, dokter akan meresepkan obat seperti Hydroquinone, Tretinoin, atau kortikosteroid untuk dioleskan pada bagian yang diperlukan.

Di sisi lain, jika melasma diatasi dengan prosedur, dokter akan menyarankan KEDAfren untuk melakukan treatment Chemical Peeling atau Laser yang tersedia di Estetika dr. Affandi.

 

Don’t worry be beautiful

 

Did you like this? Share it!