News & Articles Masih Pakai Kosmetik Kedaluwarsa? Ini Dampak Buruknya Bagi Kulit
image
Rabu, 21 Juli 2021 - 13.26 WIB
Masih Pakai Kosmetik Kedaluwarsa? Ini Dampak Buruknya Bagi Kulit

Saat ini menggunakan kosmetik merupakan kebutuhan hampir setiap wanita. Namun, sama seperti makanan, kosmetik pun juga memiliki tanggal kedaluwarsa sehingga tidak layak untuk dipakai lagi.

Kosmetik kedaluwarsa dapat dilihat dari perubahan bau dan warnanya sehingga mengandung racun. Oleh karena itu, penggunaan kosmetik kedaluwarsa dapat menimbulkan berbagai permasalahan kulit.

Berikut permasalahan kulit yang timbul akibat pemakaian kosmetik kedaluwarsa:

1. Jerawat

Masalah kulit yang umum terjadi akibat pemakaian kosmetik kedaluwarsa adalah timbulnya jerawat. Hal ini dikarenakan kandungan minyak pada kosmetik yang sudah kedaluwarsa akan menggumpal di lapisan atas kulit dan menyumbat pori-pori wajah. Produk kosmetik yang dimaksud seperti foundation, cream blush, atau liquid eyeshadow yang telah kedaluwarsa.

2. Masalah pada bibir

Tidak hanya kulit wajah, pemakaian kosmetik kedaluwarsa juga dapat mempengaruhi bibir. Bibir akan perih, kasar, kering, hingga pecah-pecah akibat memakai lipstik kedaluwarsa. 

3. Masalah pada mata

Selain itu, memakai kosmetik mata yang sudah kedaluwarsa juga dapat menumpuk bakteri pada area mata kamu. Sehingga mata kamu akan terasa perih, memerah, atau muncul bisul/ jerawat di area mata.

4. Iritasi Kulit

Kosmetik yang sudah kedaluwarsa memiliki kandungan bakteri yang lebih tinggi. Akibatnya, kulit akan iiritasi akibat terpapar bakteri dari kosmetik kedaluwarsa. Iritasi yang ditimbulkan seperti bintik-bintik merah, ruam, hingga kulit mengelupas.

Untuk mengatasi permalasahan kulit akibat kosmetik, kamu bisa lakukan hal ini:

  • Mengetahui terlebih dahulu tanggal kedaluwarsa dan petunjuk penggunaan pada produk kosmetik saat membelinya

  • Mencuci tangan sebelum memakai produk kosmetik

  • Menyimpan kosmetik dalam wadah yang tertutup rapat dan jauhi dari suhu ekstrem

  • Membuang kosmetik yang sudah tidak layak pakai, seperti berubah warna, tekstur, dan baunya

 

Don’t worry be beautiful

 

Did you like this? Share it!