News & Articles Manfaat Vitamin C untuk Kulit Bersinar, Nomor 5 adalah Kuncinya!
image
Sabtu, 20 April 2024 - 9.59 WIB
Manfaat Vitamin C untuk Kulit Bersinar, Nomor 5 adalah Kuncinya!

Apa itu vitamin C?

Vitamin C adalah vitamin yang dikenal dengan ascorbic acid dengan fungsi antioksidan yang sangat kuat untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas (stres oksidatif). Vitamin C juga berguna di dalam kolagen sintesis yaitu untuk menjaga kekencangan dan kekenyalan kulit. Kandungan vitamin C bisa didapatkan pada makanan seperti buah-buahan dan berbagai jenis sayuran seperti buah jeruk, nanas, stroberi dan kiwi dan untuk sayuran seperti paprika, cabai, brokoli, dan bayam. 

Terkait dengan manfaatnya untuk wajah, kandungan vitamin C bisa kamu dapatkan pada produk skincare seperti serum, sunscreen, toner, sabun cuci muka dan lainnya.

Kapan waktu yang tepat untuk memakai vitamin C di Wajah?

Vitamin C dapat digunakan pada waktu pagi dan malam hari. Setelah menggunakan produk skincare dengan kandungan vitamin C pada pagi hari, jangan lupa memakai sunscreen agar nanti hasil dari skincarenya tidak sia-sia. 

Sedangkan jika dipakai di malam hari, perlu diperhatikan untuk memakai rangkaian skincare yang benar. Contohnya ketika memakai produk skincare dengan kandungan vitamin C yang difokuskan untuk mencerahkan wajah, maka rangkaian skincare yang perlu dilakukan adalah menggunakan skincare yang mengandung bahan-bahan yang dapat mencerahkan wajah juga agar hasil yang didapatkan lebih maksimal.

Manfaat Vitamin C untuk Kulit Bersinar

1. Mencerahkan Wajah

Vitamin C dapat memudarkan pigmentasi sehingga membuat kulit wajah cerah dan menghilangkan kulit wajah yang kusam. Vitamin C juga mampu mencerahkan wajah karena vitamin ini dapat menekan produksi melanin di kulit wajah dengan baik. Melanin merupakan pigmen yang memberi warna pada kulit. Semakin sedikit melanin pada kulit, maka semakin cerah warna kulit kamu.

2. Mencegah Munculnya Kerutan Wajah

Penggunaan skincare dengan kandungan vitamin C dengan cara dioleskan pada kulit wajah mampu merangsang produksi kolagen, sehingga kulit tetap kencang dan halus. Maka dampaknya garis-garis halus akan lebih tersamarkan dan kulit wajah terlihat awet muda.

3. Melawan Radikal Bebas

Vitamin C adalah antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas (racun) yang dapat merusak kulit. Misalnya ketika kita di luar ruangan, kulit wajah kita akan terpapar sinar ultraviolet dari cahaya matahari maka kamu harus menggunakan runtunan skincare seperti serum vitamin c, pelembab lalu sunscreen yang mengandung spf sesuai dengan kebutuhan kulitmu.

4. Menghidrasi Kulit

Kulit wajah membutuhkan nutrisi yang dapat mengunci kelembapan kulit dan hal tersebut dimiliki oleh vitamin C. Ini karena vitamin C ‘bekerja’ dengan mengunci atau menahan air di permukaan kulit sehingga wajah akan tetap lembab. 

5. Meratakan Warna Kulit

Vitamin C terbukti mampu membantu meratakan warna kulit atau hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi bisa terjadi ketika ada bagian kulit yang memiliki warna lebih gelap dari warna kulit aslinya secara keseluruhan seperti bekas jerawat, bintik matahari atau sun spots dan bintik pada wajah yang disebabkan karena penuaan kulit.

 

Kesimpulannya, dalam memilih produk skincare ataupun makeup yang mengandung vitamin C harus teliti dan jeli. Perhatikan kandungan bahan dari produk tersebut dan pastikan juga sudah terdaftar sesuai dengan standar nasional produk kecantikan seperti Serum Vitamin C EKSOTIKA dari Estetika dr Affandi.

Jika kamu butuh produk perawatan kulit lainnya, maka jangan tunda untuk berkonsultasi dengan Dokter untuk mendapatkan solusi yang lebih personal dan tepat. Kamu dapat KONSULTASI GRATIS di website ataupun Mobile Apps.

 

Did you like this? Share it!