Articles

Kebiasaan Sederhana yang Dapat Menyebabkan Penuaan Dini

Rabu, 16 September 2020 - 14.25 WIB


Memiliki kulit mulus, kencang, dan bebas dari penuaan dini merupakan keinginan semua orang, khususnya para remaja dan anak-anak muda pada umumnya. Walaupun demikian, nyatanya tidak sedikit dari mereka yang mengalami penuaan dini pada kulit wajahnya. Penuaan ini terlihat dari tanda-tandanya berupa kulit kering, timbulnya bintik-bintik coklat, munculnya garis-garis halus alias keriput, pori-pori wajah yang membesar, serta pipi yang tampak turun dari kulit remaja normal.

 

Berbagai permasalahan kulit tersebut bisa timbul karena beberapa penyebab tertentu. Salah satunya adalah kebiasaan sehari-hari yang kadang tidak disadari bahwa aktivitas itu dapat menyebabkan kulit wajah tampak lebih tua dari biasanya. Apa saja kebiasaan yang berpotensi menyebabkan penuaan dini? Simak artikel ini ya, KEDAfren:

 

1. Jarang Menggunakan Sunscreen Penangkal UVA dan UVB

Ketika beraktivitas di luar ruangan, kandungan sinar Ultraviolet A (UVA) dan Ultraviolet B (UVB) pada cahaya matahari dapat menyebabkan timbulnya masalah pada kulit wajah. Salah satu masalah kulit dari kedua sinar tersebut adalah penuaan dini. Maka dari itu, disarankan untuk biasakan menggunakan sunscreen atau tabir surya broad spectrum dengan kandungan SPF minimal 30 saat melakukan aktivitas berat di luar ruangan dalam waktu yang lama, sehingga terhindar dari masalah penuaan dini. 

 

2. Sering Begadang

Ketika sedang tertidur, secara alami tubuh kita memproduksi zat kolagen yang berguna untuk mengencangkan, melembabkan, dan meremajakan kulit agar tampak lebih muda. Ketika tubuh dipaksa tidak beristirahat dalam waktu yang lama alias begadang, artinya produksi kolagen yang dilakukan tubuh menjadi tidak maksimal. Itu sebabnya mereka yang sering begadang tidak jarang mengalami masalah kulit menua, seperti kerutan dan garis-garis halus. Oleh karena itu, usahakan tidur cukup 8 jam sehari agar tubuh dapat memproduksi kolagen secara maksimal.

 

3. Kurang Minum Air Putih

Kurang minum air putih meningkatkan potensi timbulnya kerutan atau garis-garis halus pada kulit wajah, sehingga tampak seperti menua. Ditambah lagi, kurang minum air putih juga menyebabkan tubuh dehidrasi yang akhirnya membuat kulit menjadi kusam, kering, dan menghambat peremajaan kulit. Supaya terhindar dari masalah-masalah tersebut, seseorang harus mengonsumsi air putih minimal dua liter atau setara dengan delapan gelas per hari.

 

4. Salah Posisi Tidur

Posisi tidur mempengaruhi penuaan kulit. Kulit yang bergesekan dengan sarung bantal akibat tidur menyamping dapat membuat sisi wajah menjadi keriput. Sedangkan tidur tengkurap menyebabkan kulit terdorong oleh bantal, sehingga memicu timbulnya kerutan di sekitar mata dan bibir. Posisi tidur yang benar adalah telentang karena tidur dengan posisi tersebut dapat memudahkan kulit untuk bernapas sekaligus melakukan regenerasi sel secara alami.

 

5. Sering Menggosok Mata

Ketika ada debu yang menempel di sekitar area mata atau saat bangun tidur, kebanyakan orang langsung refleks menggosoknya dengan tangan. Padahal, kebiasaan tersebut dapat merusak struktur kulit di area sekitar mata akibat terlalu sering digosok. Dampaknya, kulit di sekitar area mata terlihat lebih gelap dan nampak menua. Oleh karena itu, hilangkan kebiasaan menggosok mata dan menggantinya dengan menepuk lembut mata saat ada debu menempel atau ketika bangun tidur.

 

6. Kurang Merawat Kulit

Memberi perhatian pada kulit agar selalu sehat dan terhindar dari berbagai masalah kulit sangat penting supaya terhindar dari penuaan dini. Namun, apabila sudah terlanjur mengalami penuaan dini, kamu bisa menggunakan produk atau mengikuti treatment Anti-Aging Solutions dari Estetika dr. Affandi. Selain menghilangkan masalah kulit penyebab penuaan dini, Anti-Aging Solutions juga efektif menjaga kelembapan alami pada kulit wajah, sehingga membuat wajah tampak awet muda dalam jangka panjang.



DID YOU LIKE THIS? SHARE IT!


LEAVE COMMENT