Articles

Jenis Antioksidan yang Baik Untuk Kulit

Rabu, 18 November 2020 - 10.49 WIB


Bagi KEDAfren yang rajin merawat kulitnya mungkin sudah tidak asing lagi dengan kata antioksidan, yaitu zat yang akan mencegah atau memperlambat kerusakan sel akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang secara alami dihasilkan oleh sel tubuh kita sendiri ketika harus berhadapan dengan stressor, baik dari dalam tubuh maupun luar tubuh. Tanpa kita sadari, hidup kita dikelilingi berbagai stressor pemicu radikal bebas ‘lho, seperti sinar UV dari sinar matahari, polusi udara, asap rokok, radiasi elektronik, makanan yang tidak sehat, dan sebagainya. Karena sifat molekulnya yang tidak stabil, radikal bebas dapat berikatan dengan sel sehat yang akhirnya akan merusak sel tersebut. Maka disinilah peran antioksidan, ia akan menetralisir radikal bebas sehingga kesehatan tubuh tetap terjaga.

 

Antioksidan banyak dimanfaatkan sebagai bahan dasar perawatan kulit. Dengan rutin menggunakan produk skincare yang mengandung antioksidan, KEDAfren dapat mencegah tanda-tanda kerusakan sel kulit seperti garis halus, kerutan, kulit kendur, flek hitam, jerawat, bopeng, kusam, dan sederet masalah kulit lainnya.  Walaupun lingkungan kita dikelilingi banyak radikal bebas, ternyata ada banyak pula zat yang memiliki manfaat antioksidan. Berikut ini beberapa antioksidan yang sering digunakan untuk merawat kesehatan kulit.

 

1. Vitamin A
Dikenal mampu merevitalisasi kulit yaitu mengembalikan kulit yang rusak dan berperan penting dalam membentuk sel-sel kulit baru dan sehat. Vitamin ini akan memperhalus kerutan dan keriput yang ada, memberikan kelembapan, meningkatkan elastisitas kulit, membuat kulit bercahaya secara bertahap dan mengurangi kerusakan kulit akibat sinar matahari. Hebatnya lagi, vitamin A dan turunannya dapat membantu kamu basmi jerawat.


2. Glycolic Acid
Merupakan bentuk asam alfa hidroksi (AHA) yang sering digunakan, sumbernya dari ekstrak tebu. Manfaat zat asam ini adalah untuk melembabkan dan sebagai anti-aging yang baik dalam mengatasi garis-garis halus, keriput, dan bintik-bintik penuaan. Glycolic acid juga bisa meringkas pori-pori besar serta meredakan jerawat yang sedang meradang. 

3. Glutathione
Glutathione adalah antioksidan kuat yang terbentuk di organ hati. Sayangnya, kadar glutathione akan menurun seiring bertambahnya usia. Banyak orang memanfaatkan antioksidan yang satu ini untuk mencerahkan kulit atau mengatasi flek-flek hitam pada kulit karena ia memiliki efek antimelanogenesis, yaitu dapat melawan produksi pigmen melanin yang memberikan warna kulit.  

4. Vitamin C
Vitamin ini memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan maupun untuk kesehatan kulit. Pada kulit, vitamin C berperan sebagai anti aging yang akan menjaga kekenyalan dan kekencangan kulit.

Sebagai antioksidan kuat, vitamin ini juga dapat mencerahkan kulit yang kusam serta memudarkan flek-flek kehitaman akibat sinar UV maupun penuaan.

5. Centella Asiatica
antioksidan ini merupakan zat yang berasal dari tumbuhan sejenis pegagan. Jika digunakan untuk perawatan kulit, perannya adalah menstimulasi kolagen dan elastin yang akan memperbaiki jaringan ikat yang rusak pada kulit. Kemampuan ini sangat berguna pada proses penyembuhan luka, memperbaiki scar atau bopeng, stretchmark, dan jaringan kulit yang rusak akibat penuaan.

 

Gimana KEDAfren, apakah tertarik untuk mencoba? Yuk, segera konsultasi dengan dokter langsung dari rumah kalian melalui Live Video Consultation untuk mendapatkan rangkaian produk skincare dengan kandungan antioksidan sesuai permasalahan kulitmu. Supaya mendapatkan hasil yang maksimal, kombinasikan juga dengan rutin melakukan treatment Estetika Solutions yang memanfaatkan serum kaya antioksidan seperti chemical peeling, micro-peeling, autoroller, ataupun mesotherapy di Estetika dr. Affandi terdekat ya!

 

Don't worry be beautiful



DID YOU LIKE THIS? SHARE IT!


LEAVE COMMENT