News & Articles Hati-hati! Kandungan pada Menu Lebaran Ini Bisa Memicu Jerawat
image
Sabtu, 8 Mei 2021 - 9.29 WIB
Hati-hati! Kandungan pada Menu Lebaran Ini Bisa Memicu Jerawat

Wah, tidak terasa Hari Raya Idul Fitri akan tiba dalam beberapa hari ke depan. Biasanya, umat Islam akan melaksanakan beberapa kegiatan di hari tersebut, salah satunya adalah makan-makan dengan menu lebaran seperti opor, ketupat, gulai, dll. 

Namun, KEDAfren harus berhati-hati ya, terlalu banyak mengonsumsi menu tersebut bisa memicu timbulnya jerawat lho. Pemicunya adalah kandungan di dalam makanan yang disajikan tersebut. 

Lalu, apa aja sih kandungan yang perlu diwaspadai? simak di bawah ini ya KEDAfren:

1. Lemak jenuh

Pastinya KEDAfren sudah tau kalau banyak sekali makanan saat lebaran yang mengandung santan, seperti rendang, gulai, ketupat sayur, dll. Santan mengandung lemak jenuh yang jika dikonsumsi secara berlebihan dapat memicu perkembangan komedo dan jerawat.

2. Gula

Nah, mengonsumsi gula berlebihan juga dapat meningkatkan hormon insulin  yang menghasilkan minyak berlebih dan memicu jerawat pada kulit wajah. Biasanya, kandungan gula terdapat pada menu lebaran seperti kue-kue kering dan es kolang kaling. 

3. Minyak

Selain gula, mengonsumsi menu lebaran yang mengandung minyak seperti gorengan dan kerupuk juga dapat memicu jerawat lho. Minyak pada makanan bisa meningkatkan produksi minyak berlebih pada kulit dan menyumbat pori-pori.

4. Pedas

Makanan yang pedas seperti ayam balado atau telur balado juga bisa memicu jerawat lho. Hal ini dikarenakan sambal dapat meningkatkan produksi minyak pada wajah sehingga memicu tumbulnya jerawat.

5. Protein

Kalau tadi membahas balado, kali ini tentang telurnya yang mengandung protein. Meski sehat, mengonsumsi telur yang berlebihan juga dapat membuat hormon tidak stabil. Yaa ujung-ujungnya memicu jerawat deh.

Nah, KEDAfren gamau kan habis lebaran kulitnya justru jadi jerawatan? sebaiknya KEDAfren bisa membatasi diri dalam mengonsumsi makanan-makanan tersebut agar kulit terbebas dari jerawat.

 

Don’t worry be beautiful

 

Did you like this? Share it!