Articles

Dokter: Wanita Indonesia Masih Terobsesi Kulit Putih

Kamis, 19 Maret 2015 - 21.02 WIB


Padahal, cantik bukan hanya soal warna kulit.

Oleh : Lesthia Kertopati, Riska Herliafifah

VIVA.co.id - Bukan rahasia lagi bahwa setiap orang ingin terlihat menarik, terutama bagi wanita. Hal tersebut terlihat dengan ramainya klinik estetika yang menawarkan beragam perawatan kecantikan.

Bila menilik tren kecantikan, dengan menjamurnya budaya Korea di Indonesia, membuat masyarakat merasa cantik adalah kulit putih. Padahal, hal itu tidak benar.

dr. Hengky Affandi, seorang ahli estetika mengatakan bahwa kulit asli seseorang dapat dilihat dari warna kulit lengan bagian bawah. Bila berwarna kecokelatan, maka kulit wajah tidak bisa dibuat putih.

"Kulit asli Anda lihat tangan. Itu nggak akan lebih dari itu. Kalau lebih dari itu sudah nggak benar, yang ingin kita capai itu kulit sehat bukan putih," katanya saat ditemui dalam peluncuran buku Beauty Outside-Happy Inside, dr. Moch Affandi Sp.KK(K), di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 19 Maret 2015.

Secara standar kecantikan, Hengky melanjutkan, seharusnya yang benar adalah kulit sehat bercahaya, bukan putih. "Harusnya kalau produk kecantikan yang baik, nggak mengubah warna kulit, tapi mencerahkan," tuturnya.

Ia pun menekankan bahwa mencerahkan bukan berarti memutihkan. Diimbangi juga dengan gaya hidup sehat dan makan teratur. (art)

Sumber: http://life.viva.co.id/news/read/603309-dokter--wanita-indonesia-masih-terobsesi-kulit-putih

Foto: iStock



DID YOU LIKE THIS? SHARE IT!


LEAVE COMMENT