Articles

Cara Menghindari Break Out Akibat Penggunaan Masker Medis / Masker Kain

Jumat, 5 Juni 2020 - 16.34 WIB


Dalam menyikapi pandemic virus Corona sudah seharusnya kita terus mengikuti semua anjuran pemerintah. Mulai dari physical distancing, mencuci tangan pakai sabun, etika bersin atau batuk yang benar, serta menggunakan masker setiap kali keluar rumah. Menggunakan masker itu penting, ya KEDAfren, karena selain kita melindungi diri sendiri, kita juga melindungi orang lain dari tertular penyakit. 

 

Di sisi lain, mungkin ada KEDAfren yang wajahnya jadi berjerawat alias break out karena terlalu sering menggunakan masker. Break out biasanya terjadi ketika kulit tidak cocok dengan suatu produk. Namun break out akibat penggunaan masker bisa saja terjadi karena adanya gesekan antara kulit dan masker yang menyebabkan kulit menjadi mudah iritasi. Tenang KEDAfren, hal itu bisa diatasi dengan beberapa tips berikut ini.

 

1. Pastikan Kulit Wajah Dan Masker Bersih

Sebelum menggunakan masker, pastikan kulit wajah dan masker kalian dalam keadaan bersih, ya KEDAfren, agar tidak ada debu dan kotoran yang menempel. Seperti yang kita ketahui, kotoran dapat menyumbat pori-pori yang akan menimbulkan komedo bahkan jerawat.

 

2. Rutin Ganti Dan Mencuci Masker 

Sebaiknya KEDAfren rutin mengganti masker setiap beberapa jam sekali, sebab banyak kotoran dan kuman bisa menempel di masker yang telah digunakan. Jadi mulai sekarang siapkan beberapa masker di dalam tas sebelum kamu pergi keluar rumah. Bawa juga kantung plastik untuk menyimpan masker yang telah dipakai. Bagi KEDAfren yang menggunakan masker kain, jangan lupa dicuci bersih dengan detergen ketika sudah sampai rumah ya, agar bisa digunakan kembali esok harinya. Bagi KEDAfren yang menggunakan masker medis, penggunaan masker ini hanya disa dipakai satu kali saja yah jadi setelah selesai dipakai langsung dibuang dan tidak boleh digunakan kembali

 

3. Bersihkan Wajah Setiap Kali Melepaskan Masker

Meskipun wajah tidak terlihat kotor namun daerah kulit yang tertutup masker relatif akan menjadi lebih lembab. Keadaan ini dapat menjadi sarana yang baik bagi kuman untuk berkembang di kulit sehingga menimbulkan break out. Maka dari itu setiap kali KEDAfren hendak mengganti masker sebaiknya cuci wajahmu dengan sabun lalu gunakan juga lotion pembersih wajah atau toner. Jika tidak memungkinkan, bisa juga gunakan tisu basah khusus wajah.

 

4. Hindari Make Up

Make up dapat meningkatkan risiko iritasi pada kulit. Jadi ada baiknya jika KEDAfren tidak menggunakan make up sebelum memakai masker.

 

5. Rutin Menggunakan Skincare

Paling penting ‘nih, KEDAfren! Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kulit kita menjadi lebih rentan iritasi karena penggunaan masker sehingga ia butuh perhatian ekstra. Dengan rutin menggunakan skincare yang tepat dapat menjauhkan kulitmu dari ancaman break out. KEDAfren bisa berkonsultasi langsung dengan dokter melalui Live Video Consultation dari Estetika untuk mendapatkan skincare yang tepat, ya!

 

Artikel Review by: dr. Dias Azizah Putri

 



DID YOU LIKE THIS? SHARE IT!


LEAVE COMMENT