News & Articles 5 Cara Mencerahkan Wajah Kusam
image
Kamis, 21 Januari 2021 - 16.01 WIB
5 Cara Mencerahkan Wajah Kusam

Selain jerawat, kulit kusam dan kurang bercahaya menjadi salah satu masalah kulit wajah yang sering dialami banyak orang. Tanda-tandanya bisa dilihat ketika kulit terlihat gelap, mengelupas atau bernoda, hingga terlalu banyak sebum (minyak). Kondisi tersebut menandakan hilangnya kelembapan alami kulit akibat faktor lingkungan seperti paparan sinar UV matahari, polusi udara, dan cuaca kering. Bisa juga karena gaya hidup yang kurang sehat seperti merokok, kurang tidur, kurang berolahraga, hingga jarang membersihkan wajah cerah.

 

Kondisi kusam bisa menimbulkan masalah kulit baru. Oleh karena itu, bagi KEDAfren yang sedang mengalami kulit kusam, disarankan untuk segera mengatasinya. Bagaimana caranya? simak 5 Cara Mencerahkan Wajah Kusam berikut ini ya:

 

1. Rutin Membersihkan Wajah

Debu, kotoran, dan sisa make up yang menempel di wajah bisa membuat kulit kamu tampak kusam dengan cepat. Pasalnya, tiga unsur tersebut dapat membuat pori-pori kulit menjadi tersumbat dan akhirnya kehilangan kelembapan alami. Oleh karena itu, membersihkan kulit muka merupakan cara mencerahkan wajah yang sangat efektif untuk dilakukan secara rutin.

 

Pertama-tama, kamu bisa membersihkan wajah dengan menggunakan lotion pembersih muka terlebih dahulu untuk menghilangkan semua riasan yang menempel. Kemudian setelah sudah bersih, cuci wajah cerah kamu dengan sabun muka yang berbahan lembut di kulit.

 

2. Rutin Melakukan Eksfoliasi

Kunci mendapatkan kulit bercahaya adalah rutin melakukan eksfoliasi pada wajah. Formula dan gerakkan yang dilakukan pada proses eksfoliasi dapat menghilangkan sel kulit mati di lapisan kulit terluar. Eksfoliasi juga membuat kulit lebih segar dan bisa mempertahankan kelembapannya.

 

Seiring berjalannya waktu, eksfoliasi yang dilakukan secara rutin bisa merangsang tubuh memproduksi kolagen sekaligus meningkatkan pergantian sel. Kamu disarankan melakukan eksfoliasi selama dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca juga: Penyebab Kulit Kusam dan Cara Mengatasinya

 

3. Menggunakan Serum Wajah

Menggunakan serum wajah cerah adalah cara mencerahkan wajah yang efektif. Pasalnya, serum mengandung vitamin B3, vitamin C, resveratrol, dan asam ferulic yang dapat mencerahkan kulit, mengurangi tanda-tanda penuaan, dan juga meningkatkan hidrasi pada kulit. Aplikasikan serum wajah cerah ke dalam kulit sekali atau dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 

4. Menggunakan Tabir Surya

Cara mencerahkan wajah selanjutnya adalah dengan mengaplikasikan tabir surya atau sunscreen. Sebagai pelindung kulit, tabir surya bisa menghalau sinar UV dari matahari supaya tidak menimbulkan efek kulit kusam. Wajah cerah kamu juga dapat terhindar dari berbagai permasalahan kulit lainnya seperti vlek hitam, kulit kusam, dan tekstur kulit tidak merata.

Baca juga: Tips Menghadapi New Normal Tanpa Kulit Kusam

 

5. Melakukan Treatment Brightening

Selain melakukan perawatan kulit mandiri, kamu juga bisa menerapkan cara mencerahkan wajah dengan melakukan treatment brightening alias treatment yang berfungsi untuk membuat kulit tampak cerah. Supaya mendapatkan wajah cerah yang maksimal, kamu bisa melakukan rangkaian Estetika Brightening Solutions di Estetika dr. Affandi yang telah berpengalaman lebih dari 33 tahun dalam mengatasi berbagai permasalahan kulit masyarakat Indonesia, termasuk masalah kulit kusam. Jangan lupa untuk melakukan konsultasi dokter online gratis terlebih dahulu, ya.

 

 

Don't worry be beautiful

 

Did you like this? Share it!