Articles

Mengenal Kulit Sensitif dan Cara Merawatnya

Sabtu, 1 Agustus 2020 - 11.31 WIB


Jika kulit wajahmu mudah merasa gatal atau perih ketika menggunakan make up mau punskincare tertentu, mungkin tandanya kamu memiliki kulit yang sensitif. Kulit sensitif biasanya amat peka dan mudah mengalami iritasi. Reaksi lainnya ialah timbul rasa tersengat, kulit menjadi kering, mudah terkelupas, muncul ruam kemerahan, bahkan beruntusan atau break-out ketika berkontak dengan pemicu. Gejala-gejala ini bisa muncul dalam beberapa menit hingga beberapa jam setelah adanya kontak terhadap pemicu. Bisa juga reaksi baru akan terjadi setelah beberapa kali berkontak dengan pemicu, misalnya setelah beberapa kali menggunakan kosmetik yang tidak cocok. Pemicu reaksi kulit sensitif tentu berbeda pada setiap orang, diantaranya yaitu adanya gangguan kulit (eksim, rosacea dan dermatitis kontak), polusi, lingkungan (paparan sinar matahari, suhu terlalu dingin atau panas), produk kosmetik atau skincare yang tidak cocok, perubahan hormonal, obat-obatan
tertentu, ataupun stress.

Biasanya pemilik kulit sensitif juga mempunyai anggota keluarga yang berkulit sensitif pula, karena kondisi ini diturunkan secara genetik. Menurut penelitian, kulit sensitif lebih banyak ditemukan pada kaum wanita dibandingkan pria, sebab lapisan kulit terluar (epidermis) pada pria biasanya lebih tebal. Jenis kulit sensitif yang mudah iritasi juga lebih sering terjadi pada orang-orang yang memiliki warna kulit terang (fair skin).

Merawat kulit sensitif memang butuh perhatian lebih, KEDAfren. Berikut beberapa tips yang bisa diikuti jika dirimu pemilik jenis kulit wajah sensitif.

1. Gunakan Produk Yang Lembut Bagi Kulit
Saat memilih pembersih wajah, hindari produk yang bersifat ‘mengelupas’ atau exfoliate. Hindari juga scrubbing. Over-exfoliation hanya akan merusak lapisan kulit dan memperparah gejala. Pilih produk sabun dan cleanser yang lembut, biasanya dilabeli dengan “hypoallergenic.”

 

2. Jaga Kelembapan Kulitmu
Mungkin KEDAfren bertanya-tanya, apa sih yang terjadi pada kulit yang sensitif sehingga ia jadi ‘memberontak’ ketika dioleskan dengan suatu produk misalnya. Pada kulit sensitif, sel-sel kulitnya tidak dapat mempertahankan kelembapannya sebagaimana semestinya, sehingga kulit lebih mudah menjadi kering. Keadaan ini membuat sel-sel kulit menjadi lebih reaktif terhadap produk tersebut. Oleh karena itu, KEDAfren perlu rutin menggunakan pelembap. Selain itu, diimbangi juga dengan minum air mineral yang cukup ya.

 

3. Hindari Bahan Iritatif
Ketika memilih suatu produk baik kosmetik atau skincare, sebaiknya hindari produk yang mengandung bahan iritatif seperti wewangian, alkohol, minyak esensial, paraben, methylisothiazolinone, sulfat, atau bahan pewarna. Komposisi bahan-bahan tersebut yang masih dalam batas wajar sebenarnya aman digunakan, namun bagi pemilik kulit sensitif kadang tidak dapat ditoleransi sehingga bisa menimbulkan reaksi.

 

4. Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung dan Rutin Gunakan Tabir Surya
Bagi pemilik kulit sensitif disarankan menggunakan tabir surya khusus untuk kulit sensitif dengan SPF 30 atau lebih, terutama jika akan beraktivitas di luar ruangan. Pemakaian tabir surya sebaiknya diulang tiap 2 hingga 3 jam sekali untuk mendapatkan perlindungan yang maksimal.

 

5. Mengetes Terlebih Dahulu Suatu Produk

KEDAfren pemilik kulit sensitif bisa mengetes produk baru yang hendak digunakan dengan mengoles produk pada lengan lalu dibiarkan beberapa saat. Apabila timbul reaksi seperti salah satu yang telah disebutkan di atas, besar kemungkinan produk tersebut tidak cocok dan sebaiknya tidak lagi digunakan.

Jika KEDAfren masih kesulitan dalam merawat kulit sensitif atau menentukan produk yang cocok digunakan, KEDAfren bisa berkonsultasi pada dokter. Kini konsultasi dokter lebih mudah, bisa melalui Live Video Consultation yang bisa dilakukan dari mana saja.



DID YOU LIKE THIS? SHARE IT!


LEAVE COMMENT